Berbicara mengenai  Power Supply, benda ini sudah tidak asing lagi bagi kita kerana terdapat dalam bagian elektronik, mulai dari elektronik TV, VCD, Komputer, Laptop, maupun dalam mesin-mesin industri.

Power Supply Nemic Lambda
Power Supply atau pencatu daya adalah sebuah piranti elektronik yang berfungsi sebagai penyuplai/membagi sumber tegangan pada perangkat piranti lainnya terutama kekomponen seperti  Ac servo driver pada mesin, motherboard pada komputer atau laptop, dan elektronik lainnya.
Langsung saja pada pembahasaan kita kali ini cara menangani power supply yang mati total,pada umumnya semua fungsi kerja power supply sama, maka pengecekan awal yaitu dengan cara :

1. Indera penciuman ( Jika tercium bau sesuatu yang terbakar atau gosong pada komponen tersebut segera ganti komponen tersebut dengan tipe yang sama)

2. Indera Peraba ( Beri tegangan listrik pada power supply tersebut sesuaikan dengan tegangannya misal AC 220V atau AC 110V, nah baru mulai kita raba setiap komponen dengan tangan kita apakah ada komponen dengan panas yang berlebihan. Jika ada jangan lama lama segera ganti) Bereskan…!! Opss masih belum nyala juga…Ok kita lanjut

3. Siapakan alat Multitester digital/analog ( Cek setiap jalur pada board PCB apakah ada yang terputus jika ada segera tambahkan timah dengan solderan )

4. Cek disetiap componen IC, elco, transistor, fuse sesuai dengan datasheetnya.

Mudah mudahan tips dari kami bisa sangat membantu…Terima Kasih.


Info Perusahaan :
CV. ALNAFI ELECTRONIC SOLUTIONS
Jl. Beruang XI B Blok G9 No. 28
Perum. Cikarang Baru-Bekasi
Tlp : 021-4904 9995 Fax : 021-2947 0989
Website : www.repairmesin.com
Email : alnafisolutions@yahoo.com